Apa Itu Backlink Profile dan Mengapa Penting Untuk SEO

Backlink Profile – Pernahkah Anda mendengar SEO menggunakan istilah “profil backlink”, tetapi tidak yakin apa artinya? Meningkatkan kekuatan profil backlink Anda dapat membantu Google menganggap situs web Anda lebih dapat dipercaya dan berwibawa.

Jika Anda baru dalam analisis profil backlink, panduan ini akan mencakup semua terminologi yang terkait dengan profil backlink dan mengajari Anda cara menganalisis kekuatan dan kelemahan backlink Anda. Kemudian, Anda dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mengembangkan strategi SEO off-site yang lebih berdampak.

Mencoba memberi peringkat pada pencarian web tanpa profil backlink yang terstruktur dengan baik dan beragam seperti mencoba menjalankan tanpa tulang punggung. Tidak hanya agak mengerikan untuk dibayangkan, tetapi hampir tidak mungkin untuk dilakukan juga. Karena itu, profil backlink yang terpelihara dengan baik dan terawat sangat penting untuk semua kampanye SEO yang bercita-cita tinggi.

Backlink Profile

Apa sebenarnya Backlink Profile itu?

Profil backlink adalah kuantitas, jangkar, dan kualitas tautan yang mengarah ke situs web Anda. Ini memiliki pengaruh langsung pada peringkat Anda karena mesin pencari Google merayapi Internet untuk mencari tautan ini. Google kemudian menilai kuantitas dan kualitas tautan ini, menentukan apakah situs web Anda memiliki otoritas dan popularitas yang memadai tentang masalah tersebut atau tidak.

Ada banyak faktor yang berkontribusi pada profil backlink Anda, seperti tautan dofollow/nofollow, url telanjang, teks jangkar, dan banyak lagi. Tentu saja, datang dari perusahaan pemasaran SEO, ada cara untuk mengoptimalkan faktor-faktor ini untuk meningkatkan profil backlink Anda.

Namun, seperti kebanyakan hal, ada tangkapan. Google tidak ingin situs web “meretas” algoritme mereka dan meningkatkan peringkat mereka secara artifisial. Jadi, seperti lansekap dan kosmetik, tujuannya di sini adalah bekerja keras untuk membuat profil backlink Anda tampak “alami”. Tampilan “alami” ini bisa menjadi pembeda antara situs web Anda yang naik ke peringkat teratas dan terkubur di hasil pencarian.

backlink indonesia

Apa itu Contoh Backlink?

Katakanlah saya sedang menulis artikel tentang iklan pencarian Google dan ingin menyebutkan statistik tentang tingkat konversi iklan pencarian. Untuk mengutip klaim saya dan memberikan lebih banyak informasi kepada audiens saya, saya dapat memilih untuk menautkan ke daftar informatif statistik pemasaran dari Hubspot ini.

Dengan begitu, saya baru saja membuat backlink untuk Hubspot. Jika saya menautkan ke halaman lain yang relevan di situs web saya yang sama, itu akan dianggap sebagai tautan internal. Meskipun bagus untuk SEO, tautan internal adalah sinyal SEO di halaman dan tidak boleh disamakan dengan tautan balik. Tautan masuk hanya dianggap sebagai tautan balik jika berasal dari situs web lain.

backlink gratis

Jumlah Profile Backlink

Total backlink adalah jumlah total backlink yang mengarah ke website Anda. Secara umum, situs web dengan backlink lebih banyak akan mengungguli situs web dengan backlink lebih sedikit.

Namun, ini bukan hanya permainan angka. Jika pesaing Anda memiliki lebih banyak backlink daripada Anda, itu tidak menjamin peringkat kata kunci yang lebih baik. Kualitas situs web yang menautkan ke situs Anda merupakan faktor besar dalam menentukan kesehatan profil backlink dan potensi peringkat.

Mengacu Domain

Saat situs web tertaut ke situs Anda, situs web tersebut dianggap sebagai salah satu domain penautan situs web Anda, atau domain perujuk. Pada dasarnya, situs web itu dapat mengirimi Anda lalu lintas rujukan karena tautan yang mereka sertakan ke situs web Anda dalam konten mereka.

Katakanlah situs web Anda memiliki seribu backlink, tetapi semuanya berasal dari tiga situs web yang sama. Meskipun jumlah backlink bagus, itu tidak menandakan profil backlink yang kuat, karena hanya tiga situs web lain di internet yang menganggap konten Anda cukup berharga dan cukup tepercaya untuk ditautkan.

Itu sebabnya selain backlink, total domain pengarah unik di profil backlink Anda adalah faktor peringkat Google teratas lainnya. Semakin unik domain pengarah di profil backlink Anda, semakin besar kemungkinan Google mempromosikan halaman web Anda, karena konten Anda jelas dipercaya oleh banyak orang di internet.

Otoritas Domain dari Domain Perujuk

Indikator kualitas untuk merujuk domain adalah skor Otoritas Domain atau Peringkat Domain mereka. Otoritas Domain adalah metrik dari Moz yang memperkirakan otoritas situs (atau reputasi keseluruhan) dari sebuah situs web.

Backlink yang berasal dari domain otoritatif dengan skor otoritas situs yang lebih tinggi akan semakin berharga. Tautan balik dari situs web dengan skor DA atau DR yang sangat rendah sebenarnya dapat melemahkan profil tautan balik Anda, karena perayap Google akan melihat bahwa situs web Anda menemani properti web yang dipertanyakan.

Lalu Lintas Organik dari Domain Perujuk

Jika domain pengarah Anda juga memberi peringkat untuk beberapa kata kunci dan mendapatkan lalu lintas organik, itu juga meningkatkan nilai tautan balik. Mengapa? Karena jika para pencari itu menganggap konten mereka berharga, dan domain penautan itu menautkan ke konten Anda, maka mesin pencari memahami bahwa konten Anda juga harus berharga. Dalam istilah awam: Saya kenal seseorang, yang mengenal Seseorang.

Otoritas Halaman untuk Menghubungkan Halaman

Setiap kali sebuah situs web menautkan ke situs web lain, ia mengirimkan sebagian dari PageRank-nya (atau ekuitas tautan) ke halaman yang ditautkan. Semakin banyak PageRank halaman yang menghubungkan dari mana backlink Anda berasal, semakin banyak ekuitas tautan yang dikirimkan backlink kepada Anda.

PageRank adalah metrik yang dipatenkan yang digunakan Google untuk memahami nilai setiap halaman dalam indeksnya. Semakin banyak PageRank yang dimiliki suatu halaman, semakin besar kemungkinannya untuk mendapat peringkat di mesin pencari.

Google dulu memberi tahu pengguna berapa banyak PageRank yang dimiliki halaman web, tetapi sekarang tidak lagi. Otoritas Halaman, kemudian, adalah metrik SEO yang sekarang digunakan untuk memperkirakan PageRank.

Relevansi topikal dari Domain Perujuk

Tautan balik yang berasal dari domain perujuk dengan relevansi topik dengan milik Anda akan lebih berharga daripada tautan balik dari situs web di luar industri Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk hewan peliharaan di situs web Anda, tautan dari klinik dokter hewan, toko hewan peliharaan, blog hewan peliharaan, atau publikasi hewan semuanya akan relevan secara topikal.

Tetapi jika backlink Anda berasal dari situs web yang berfokus pada perbaikan alat, dari bagian komentar posting blog acak, atau situs lain yang tidak relevan, Google mungkin mencurigai situs web Anda membeli tautan tersebut atau mencoba meningkatkan kekuatan profil backlink Anda secara salah. Saat Anda mulai mencari peluang membangun tautan, Anda ingin fokus pada situs web yang berbagi relevansi konten.

Anchor Text Terbaik

Teks jangkar backlink Anda juga memengaruhi kesehatan profil backlink Anda. Meskipun Anda tidak memiliki kendali atas bagaimana webmaster lain menautkan ke milik Anda, Google akan melihat jangkar tautan balik Anda untuk memahami tentang konten Anda.

Sebagian besar teks tautan Anda akan menyertakan merek atau nama bisnis Anda, tetapi keragaman teks jangkar yang sehat menandakan bahwa tautan balik yang diperoleh situs web Anda adalah melalui praktik organik yang sesuai dengan Google.

Lokasi Tautan di Situs

Google juga mempertimbangkan di mana backlink Anda berada di halaman yang menghubungkan. Apakah itu ada di dalam tubuh teks? Bagian komentar? Dalam keterangan untuk gambar? Lokasi penautan memberi tahu Google sedikit tentang situs web Anda.

Jika webmaster dari situs web berkualitas tinggi menautkan ke situs Anda di badan artikel mereka, mereka mungkin mempercayai reputasi Anda. Jika pengguna menautkan ke situs web Anda dalam komentar di entri blog webmaster lain, Google menganggap tautan itu dipertanyakan dan akan kurang mempercayai situs web Anda.

Mengapa Melakukan Analisis Backlink?

Jadi sekarang setelah Anda memahami terminologi yang terkait dengan profil backlink Anda, Anda tahu cara menganalisisnya dengan sukses untuk menentukan kekuatan, kelemahan, dan kesehatannya secara keseluruhan. Bagaimana Anda dapat memanfaatkan informasi itu untuk meningkatkan kinerja SEO Anda sendiri?

1. Pahami apa yang diperlukan untuk menentukan peringkat

Jika pesaing Anda memiliki profil backlink yang lebih kuat daripada milik Anda, Anda tidak mungkin mengungguli mereka untuk kueri penelusuran dengan skor Kesulitan Kata Kunci yang lebih tinggi.

2. Temukan Target Penjangkauan

Melihat siapa yang menautkan ke pesaing Anda dapat memberi Anda daftar situs web yang mungkin ingin Anda jangkau untuk membangun tautan.

3. Lihat apakah Anda Membutuhkan Kampanye Pembuatan Tautan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan profil backlink situs web Anda adalah dengan secara aktif mengejar backlink berkualitas tinggi dari situs web resmi – juga dikenal sebagai pembuatan tautan.

Pikiran Akhir tentang Profil Backlink Anda

Sekarang setelah Anda memahami apa itu profil backlink dan cara menganalisisnya, Anda dapat menggunakan alat analisis profil backlink untuk mengevaluasi backlink situs web Anda lebih dekat.

Untuk mencoba alat yang tercantum dalam panduan di atas, daftar uji coba SearchAtlas. Anda akan dapat memanfaatkan pengetahuan baru Anda dan perangkat lunak kami bersama-sama untuk mulai membangun profil backlink yang lebih sehat dan kuat.