Kalian Wajib Tahu Bagaimana Cara Investasi di Metaverse

Bagaimana Cara Investasi Di Metaverse – Konsep ‘metaverse’ telah mengalami peningkatan popularitas yang luar biasa selama setahun terakhir, dengan ratusan proyek, baik on-chain maupun off-chain, ingin mengintegrasikan konsep dunia virtual. Mengingat ceruk metaverse diperkirakan akan bernilai hampir $5 triliun pada tahun 2030, banyak investor yang ingin mendapatkan paparan terhadap pertumbuhan ini.

Panduan ini akan membahas cara berinvestasi di metaverse pada tahun 2022, menghadirkan beberapa pendekatan populer yang diambil investor, sebelum menyoroti faktor mana yang harus diingat sebelum memilih platform metaverse.

Metaverse adalah lingkungan virtual di mana orang — avatar dalam istilah metaverse — dapat terhubung, berinteraksi, dan bertransaksi. Konvergensi dunia digital dan fisik ini berasal dari bahasa Yunani meta, yang berarti di luar atau setelah, dan ayat, kependekan dari alam semesta.

bagaimana cara investasi di metaverse

Bagaimana Cara Investasi di Metaverse – Metode Teratas

Mereka yang membeli cryptocurrency secara teratur akan memiliki pengalaman langsung tentang pertumbuhan metaverse selama setahun terakhir, dengan banyak proyek yang membantu membawa konsep ini ke arus utama. Lima pendekatan di bawah ini menjelaskan cara berinvestasi di metaverse secara efisien – masing-masing datang dengan manfaat uniknya sendiri bagi investor:

1. Permainan Metaverse

Pilihan kami untuk cara terbaik berinvestasi di metaverse adalah melalui game metaverse atau melalui proyek NFT metaverse terbaik. Pertumbuhan di bidang game ini selama setahun terakhir sangat eksponensial, didorong oleh proyek terkenal seperti Decentraland dan The Sandbox. Namun, proyek-proyek yang lebih kecil secara teratur diluncurkan untuk memanfaatkan kesuksesan proyek-proyek sebelumnya.

Singkatnya, game metaverse persis seperti yang tersirat dari namanya – platform game yang berbasis di dalam metaverse. Banyak koin metaverse terbaik adalah asli dari proyek game ini, memungkinkannya berjalan dengan lancar. Salah satu karakteristik yang paling menarik dari game-game ini adalah tingkat pencelupan yang dapat mereka tawarkan kepada para gamer.

Mereka yang telah melihat ‘Ready Player One’ karya Steven Spielberg akan memiliki pemahaman yang kuat tentang seperti apa permainan metaverse itu. Mereka menampilkan dunia 3D yang kaya di mana pemain membuat avatar mereka sendiri dan dapat berinteraksi dengan avatar pemain lain. Ini menawarkan cara baru untuk bersosialisasi – yang tampaknya akan menjadi lebih umum di dunia pasca-pandemi saat ini.

Beberapa crypto yang paling diremehkan terlibat dalam ceruk permainan metaverse, dengan mekanisme ‘play-to-earn’ (P2E) menjadi salah satu faktor yang paling menarik bagi para gamer. Mekanisme ini memungkinkan gamer untuk mendapatkan hadiah (dalam mata uang kripto) untuk tindakan mereka dalam game. Pada dasarnya, ini berarti gamer dapat memonetisasi keterampilan gameplay mereka dengan cara yang menyenangkan.

Battle Infinity adalah salah satu proyek game metaverse yang baru-baru ini menarik perhatian media. Proyek menarik ini memasukkan liga olahraga fantasi ke dalam metaverse-nya, menawarkan cara bagi penggemar olahraga untuk menyusun strategi dan mendapatkan hadiah untuk gameplay yang terampil. Hadiah ini didistribusikan di IBAT, yang merupakan token asli Battle Infinity.

Banyak investor mencari untuk membeli Battle Infinity untuk mendapatkan eksposur ke pertumbuhan proyek karena menawarkan beberapa fitur menarik lainnya. Salah satunya adalah ‘Battle Store’, yang menyediakan berbagai game P2E multipemain untuk dimainkan pengguna – memperluas potensi hadiah. Mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang proyek menarik ini dapat melakukannya melalui grup Telegram Battle Infinity.

5 Game Metaverse Teratas:

  • Pertempuran Tak Terhingga
  • Decentraland
  • Kotak Pasir
  • Aksi Infinity
  • Dewa Tidak Dirantai

2. NFT Metaverse

cara jualan di metaverse

Cara populer lainnya untuk berinvestasi di metaverse adalah melalui NFT. Beberapa NFT terbaik selama setahun terakhir telah menjadi bagian dari proyek berbasis metaverse karena karakteristiknya yang berharga. Salah satu faktor utama yang membuat NFT menarik dari sudut pandang metaverse adalah bahwa NFT dapat memberikan kepemilikan ‘sebenarnya’ atas aset dalam game.

Misalnya, dalam game metaverse Gods Unchained, kartu remi dalam game disusun sebagai NFT. Ini berarti bahwa semua kartu pemain benar-benar milik mereka, mencegahnya dicuri atau diubah. Pada gilirannya, ini mengurangi (atau menghilangkan) konsep curang atau meretas dari game.

Manfaat lainnya adalah item dalam game dapat dengan mudah diperdagangkan jika disusun sebagai NFT. Salah satu proyek NFT paling keren saat ini yang menawarkan fitur ini adalah Battle Infinity, yang juga kami sebutkan di bagian atas. Battle Infinity memiliki pasar NFT khusus dalam ekosistemnya (disebut Battle Market) yang memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan item dalam game.

Misalnya, pengguna dapat menuju ke Battle Market dan membeli pakaian baru untuk avatar dunia mereka menggunakan IBAT – token asli Battle Infinity. Ini adalah opsi lain untuk cara terbaik berinvestasi di metaverse karena faktor penawaran dan permintaan cenderung menentukan harga setiap NFT. Dengan demikian, seiring pertumbuhan basis pengguna platform, NFT secara alami akan menjadi lebih langka dan lebih berharga.

Banyak game NFT terbaik (termasuk Battle Infinity) juga memungkinkan pemain untuk membeli sebidang tanah virtual di dalam dunia mereka, yang disusun sebagai NFT. Kami akan mengeksplorasi konsep ini nanti dalam panduan ini, tetapi perlu diperhatikan karena ini menyoroti pentingnya NFT yang berkelanjutan dalam metaverse.

5 NFT Metaverse Teratas:

  • Pertempuran Tak Terhingga
  • Blok Keberuntungan
  • Dewa Tidak Dirantai
  • Decentraland
  • Aksi Infinity

3. Kripto Metaverse

Pendekatan lain untuk berinvestasi di metaverse adalah melalui metaverse crypto. Singkatnya, crypto metaverse menggambarkan token asli dari proyek berbasis metaverse. Token ini cenderung digunakan untuk berbagai tugas, seperti transaksi, mempertaruhkan, dan bahkan tata kelola. Mari kita lihat ini lebih detail:

Transaksi di dunia: Setiap token asli metaverse biasanya dapat digunakan untuk membeli item dari pasar di dunia. Misalnya, pengguna dapat membeli Axie Infinity dan menggunakan token untuk membeli ‘Axies’ tambahan untuk digunakan dalam game. Ini juga berarti penjual diberi kompensasi dalam crypto metaverse – yang kemudian dapat mereka tukarkan dengan mata uang digital lainnya.

Staking: Crypto staking melibatkan ‘mengunci’ token untuk jangka waktu tertentu, biasanya untuk membantu meningkatkan tingkat keamanan platform. Banyak platform metaverse menawarkan mekanisme pertaruhan mereka sendiri di mana pemegang token dapat menghasilkan hasil dari kepemilikan mereka – semuanya sambil menguntungkan ekosistem yang lebih luas.

Tata kelola: Terakhir, banyak proyek metaverse disusun sebagai organisasi otonom terdesentralisasi (DAO), artinya pemegang token adalah orang yang mengatur platform. Sebagian besar proyek DAO crypto terbaik memungkinkan pemegang token untuk memberikan suara pada proposal tata kelola, dengan mereka yang menerima jumlah suara tertinggi adalah yang bergerak maju.

Daftar di atas tidak lengkap, karena koin kripto metaverse dapat digunakan dalam banyak cara. Mereka juga menyediakan cara mudah untuk berinvestasi di metaverse karena sering terdaftar di bursa crypto terbaik. Dengan demikian, investor yang tidak aktif dalam metaverse tertentu masih dapat memperoleh eksposur terhadap pertumbuhannya dengan berinvestasi dalam token.

Axie Infinity adalah contoh utama dari hal ini, karena token AXS dihargai lebih dari $164 pada November 2021. Investor yang memilih untuk membeli Decentraland juga mendapatkan hadiah yang besar ketika token MANA melonjak lebih dari 110% di awal tahun. Terakhir, mereka yang ingin berinvestasi di metaverse bahkan dapat membeli token IBAT melalui fase pra-penjualan Battle Infinity untuk mendapatkan eksposur terhadap pertumbuhan proyek dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

5 Cryptocurrency Metaverse Teratas:

  • Aksi Infinity
  • Ethereum
  • Decentraland
  • Pertempuran Tak Terhingga
  • Enjin

4. Real Estat Metaverse

Metaverse real estate telah menjadi salah satu elemen paling menarik dalam sektor yang berkembang ini, menawarkan cara unik untuk kepemilikan dan persewaan. Mereka yang bertanya-tanya bagaimana cara berinvestasi di real estat metaverse dapat melakukannya dengan berpartisipasi dalam proyek metaverse yang memungkinkan pengguna membeli sebidang tanah virtual.

Decentraland adalah salah satu proyek paling menonjol yang menawarkan fungsionalitas ini karena dunia 3D-nya terdiri dari sekitar 90.000 bidang tanah berukuran 16m x 16m (disebut LAND). LAND dapat dibeli menggunakan MANA (token asli Decentraland) atau Ethereum dan disusun sebagai NFT.

Sama seperti dalam kehidupan nyata, sebidang tanah tertentu dianggap lebih berharga daripada yang lain karena lokasinya. Beberapa bidang tanah yang terletak di dekat ‘Genesis Plaza’ Decentraland bahkan bernilai lebih dari $13.000 pada tahun 2021. Mengingat bidang ini hanya berukuran 16m x 16m, terbukti bahwa real estat metaverse bisa mahal dalam beberapa keadaan.

Menurut sebuah artikel dari CNBC, penjualan tanah virtual di metaverse mencapai $500 juta pada tahun 2021. Sebagian besar dari ini disebabkan oleh keuntungan yang dapat ditawarkan oleh kepemilikan real estat virtual kepada investor. Investor tidak hanya mendapatkan keuntungan dari apresiasi nilai, didorong oleh peningkatan popularitas proyek, tetapi mereka juga dapat menghasilkan keuntungan melalui penyewaan.

Menyewa berfungsi persis seperti yang diharapkan, memungkinkan pemilik tanah virtual untuk menyewakan tanah mereka kepada orang lain dengan biaya tertentu. Mekanisme ini dimasukkan ke dalam ‘Battle Arena’ Battle Infinity, karena pengguna dapat menyewa tanah dari orang lain dan kemudian menggunakannya untuk iklan. Ini dicapai melalui baliho virtual, yang dapat dibayar di IBAT.

Pada akhirnya, mereka yang bertanya-tanya bagaimana cara berinvestasi di real estat metaverse harus memastikan bahwa tanah yang mereka beli memiliki nilai yang melekat – karena ‘tanah’ ini masih berupa kumpulan piksel dalam dunia 3D. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh banyak proyek tanah NFT, melakukan investasi cerdas di bidang ini terbukti menguntungkan.

5 Proyek Real Estat Metaverse Teratas:

  • Decentraland
  • Pertempuran Tak Terhingga
  • Kotak Pasir
  • Ruang Somnium
  • Rumah Meta

5. Saham Metaverse

Mengakhiri diskusi kita tentang cara terbaik untuk berinvestasi di metaverse adalah saham metaverse. Ada banyak sekali saham metaverse untuk diinvestasikan, yang akan menarik bagi investor yang lebih memilih untuk beroperasi di pasar ekuitas daripada pasar crypto.

Saham metaverse terbaik mungkin tidak menawarkan paparan ‘langsung’ terhadap pertumbuhan platform tertentu, melainkan paparan terhadap pertumbuhan industri secara keseluruhan. Contoh yang bagus adalah Platform Meta (sebelumnya Facebook) yang sekarang sangat terlibat dalam realitas virtual (VR) dan perluasan konsep metaverse.

Dengan menemukan perusahaan metaverse untuk diinvestasikan, mudah untuk mendiversifikasi portofolio dan tidak ‘berlebihan’ pada satu proyek tertentu. Nvidia adalah opsi yang populer, karena chip perusahaan sekarang digunakan untuk menggerakkan berbagai proyek metaverse. Secara alami, ketika metaverse berkembang dan lebih banyak proyek membutuhkan chip Nvidia, itu akan membantu keuntungan perusahaan dan harga sahamnya.

Beberapa saham yang paling undervalued terlibat dalam metaverse – dengan banyak perusahaan mapan juga ingin bereksperimen dengan ide-ide yang berkaitan dengan dunia virtual. Nike telah menjadi pelopor dalam hal saham metaverse untuk diinvestasikan, karena perusahaan telah bermitra dengan Decentraland dan Roblox untuk meningkatkan kehadirannya di area ini.

Pada akhirnya, berinvestasi dalam saham metaverse bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan eksposur tidak langsung ke proyek tertentu, tetapi juga eksposur langsung ke pertumbuhan industri. Selain itu, proses untuk membeli saham seringkali jauh lebih ramah bagi pemula daripada membeli crypto, yang berarti pendekatan ini mungkin lebih cocok untuk pendatang baru di pasar.

5 Saham Metaverse Teratas:

  • Platform Meta
  • Nvidia
  • Nike
  • Coinbase
  • Roblox

Kesimpulan

Keputusan untuk berinvestasi di metaverse bisa efektif, terutama karena industri diperkirakan akan mencapai valuasi hampir $5 triliun pada tahun 2030. Seperti yang telah disoroti oleh panduan ini, ada beberapa cara yang dapat diakses untuk mendapatkan paparan terhadap pertumbuhan ini, memastikan opsi untuk semua tipe investor. Apa pun proyek yang dipilih investor, paling nyaman melalui aplikasi Metaverse terbaik.

Battle Infinity adalah salah satu proyek yang disebutkan berkali-kali dalam panduan ini – dan untuk alasan yang bagus. Proyek ini telah muncul baru-baru ini dan saat ini sedang melalui fase presale di mana investor dapat membeli token dengan harga diskon. Mengingat kesuksesan presale sebelumnya di ceruk metaverse, ini bisa menjadi peluang bagus bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan metaverse.