Cara Daftar Google News Terbaru 2023

Cara Daftar Google News -Tiap pemilik blog atau situs web tentu mengharapkan supaya situs yang dia urus dapat memperoleh pengunjung yang tetap bertambah dari waktu ke waktu. Salah satunya sumber traffic website yang terpenting ialah traffic organik. Traffic organik ialah traffic yang tiba langsung dari Google Search.

Akan tetapi sesungguhnya, traffic organik bukan saja datang dari traffic mesin pencari langsung melainkan dari personalisasi artikel yang berada di Google News. Lalu bagaimanakah langkah memperoleh traffic organik dari Google News? Triknya cukup mudah. Anda tinggal mendaftarkan, nantikan usai dan ulasan.

Walau sebetulnya tidak segampang itu. Ada banyak persyaratan yang perlu disanggupi saat sebelum mendaftarkan di Google News supaya website anda dapat diterima, beberapa hal tersebut yang hendak diulas dalam artikel ini.

Cara Daftar Google News

Cara Daftar Google News Terbaru 2023 Untuk Blogger

1. Daftar ke Google News dan Buat publikasi baru

Langkah awal yang perlu dilaksanakan ialah mendaftarkan ke Google News. Untuk mendaftarkan, silakan masuk pada form registrasi Google News. Bila situs terbuka, anda akan ditujukan ke dasbor Google News baru. Dasbor ini namanya News Google Penerbit/publisher Center Supaya website atau situs anda dapat diindeks di Google News, silakan click Add Publication untuk bikin situs publikasi baru.

Situs publikasi ini dibikin per domain. Bila anda punyai domain yang banyak, anda dapat buat satu demi satu situs publikasi. Di kolom publication name silakan isi bernama pemberitaan yang akan dibuat. Dapat memakai nama website atau situs web atau nama yang lain diharapkan lalu click Save

2. Draft publikasi

Sesudah itu anda akan ditujukan ke draft publikasi. Draft ini mewajibkan anda melengkapi beragam kolom yang tersedia. Di kolom general, anda harus isi beberapa properti seperti berikut:

google news publisher center

a. Basic Information

Di kolom ini anda harus isi data-data mengenai situs misalnya:

Publication Name [Bisa gunakan nama website sebagai nama publikasi]
Description (required) [Bisa digunakan deskripsi website anda misalkan: Situs informasi lokal yang menyampaikan kabar informasi secara aktual dan independen]
Kategori [Diisi dengan kategori website atau situs anda dan telah ada 28 kategori seperti Arts, Business dan Finance sampai Women’s lifestyle]
Primary language (required) [Disesuaikan sama bahasa yang anda pakai di blog].
Jadi samakan saja sama beberapa data situs anda. Upayakan untuk isi data secara benar supaya bisa dilihat dengan cepat.

b. Website properti URL

Di sini silakan isi property URL yang disebut URL lengkap situs anda. Bila anda punyai blog dengan subdomain banyak, silakan isi nama website dituruti ekstensi. Sebagai contoh: bloggue.com

Bila URLnya hanya satu, dengan kata lain tidak ada subdomain, anda dapat tambah property prefix seperti http:// atau https:// dan www [jika ada] dituruti nama ekstensinya dan domain.

Apabila sudah, click verify in search Console yang berada di atas kiri kolom property URL. Bila anda telah masuk ke search console atau memakai piranti yang serupa secara automatis akan terkonfirmasi.

Bila tidak, anda harus klarifikasi secara manual. Saat proses klarifikasi berjalan anda akan ditujukan ke situs Search Console.

c. Location dan Contacts

Sebetulnya, lokasi tak perlu diinputkan karena telah terpadu sama bahasa yang dipilih. Jadi jangan pusing bila ada pernyataan seperti To add a location, you must first set a primary language and verify your web property URL.

Untuk contact, silakan lebih contact baru dengan click New Kontak. Bila anda menambah contact baru, memungkinkannya contact itu terhubung dan mendapatkan pernyataan dari Google News. Pernyataan umumnya berisi status registrasi dan desas-desus krisis yang lain terkait dengan account anda. Bila anda tidak ingin tambah contact, tidak apa-apa. Lompati saja cara ini.

google search console

d. Distribution

Situs ini berperan untuk menyaksikan pembagian website atau situs anda ke Google News. Untuk Countries atau negara, seharusnya berisi Allow specific countries lalu masukan nama negara yang ditarget.

Samakan sama bahasa situs anda. Bila bahasanya ialah Bahasa Inggris, karena itu silakan masukan World Wide Situs atau dapat tentukan kolom Blok specific countries untuk memblok akses dari negara tertentu. Sementara, bila bahasa yang dipakai detil, bahasa Indonesia misalkan, silakan tentukan Allow specific countries lalu contreng Indonesia.

Untuk kolom Google Properties specific ialah penataan untuk batasi di mana halaman website anda akan muncul. Ada 3 opsi di sini dimulai dari Chromecast, Video News on Assistant dan Text-to-Speech News on Assistant.

Dapat tentukan ke-3 nya. Apabila anda ingin supaya publisitas anda dapat ada di semua piranti, terhitung program yang memakai API Google News seperti Cashzine, click saja Allow All Properties.

e. Tracking

Tracking atau pencarian memungkinkannya anda untuk mengawasi jumlah click dan alterasi dari Google News yang ke arah website anda. Salah satu code pencarian yang disokong ialah Google Analytics. Bila belum mempunyai account Google Analytics, anda sebaiknya daftar dahulu deh. Berkaitan dengan registrasinya, dapat baca disini.

Bila anda memakai AMP, dapat tambah code pencarian yang serupa dengan non AMP. Alias, dapat pakai code dari Google Analytics. Ada pula kolom Treking pixels yang berperan untuk mencari sikap pemakai saat berkunjung situs anda.

Misalkan, saat mereka click Navigasi, situs menu, property tertentu, dan lain-lain akan turut terdata. Bila anda belum memahami perannya, lompati saja kolom ini. Bila semua cara di atas telah kelar, click saja NEXT.

cara membuat berita di google

3. Konten

Sesudah click Next anda akan ditujukan ke halaman konten. Di halaman content ini ada banyak point yang perlu diisi. Salah satunya:

a. Sections

Sections atau sisi ialah tab yang hendak ada dalam halaman publisitas anda di program Google News. Untuk point ini anda dapat sesuaikan sama situs publisitas yang diinput. Sebagai contoh, di sini saya memakai website untuk didaftarnya ke Google News.

Karenanya, supaya bisa ada di program Google News saya harus masukkan feed. Bila website anda telah terkonvergensi sama media lain, Youtube misalkan, silakan tambah kolom sections baru. Untuk menambah sisi baru silakan click New Section. Berikut detil tambahan section Google News:

Feed berisi feed website anda atau situs. Untuk WordPress silakan isi dengan feed standar WordPress seperti https://namablog.com/ feed/ sementara untuk Blogger silakan register ke feedburner untuk memperoleh URL Feed website anda. Untuk basis blogging lain seperti Wix dan Squarespace silakan disamakan saja

Situs Location yang memungkinkannya anda untuk membikin sisi publisitas dengan artikel atau URL yang detil dari situs anda. Oh ya, point ini ditetapkan oleh rangking Google. Jadi posisinya bagus ada peluang ada di situs penelusuran

Video yang memungkinkannya anda menambah sisi publisitas dari kanal Youtube atau dari Playlist video anda di basis yang serupa

Personalized feed atau feed terpersonalisasi yang memungkinkannya anda membuat sisi publisitas dengan content yang telah diputuskan oleh faksi Google berdasar ketertarikan pembaca

b. Konten labels

Di sini anda dapat menambahkan cap yang detil sesuai kelompok content anda. Untuk menambahnya, silakan click Add. Ada banyak content cap yang dapat anda tambah di point ini ibarat Penilaianon [Opini], User-generated [konten bikinan pemakai atau content yang dikirimkan pemakai], Satire, Press release [siaran pers] dan Blog. Karenanya disamakan sama website anda atau situs. Bila cuma website yang detil tentukan saja website lalu masukan URL website anda.

c. Verify URL ownership

Verify URL ownership mempunyai tujuan untuk memverifikasi pemilikan URL untuk memberitahukan Google jika domain anda telah di klarifikasi.

4. Gambar

Situs gambar berisi beberapa property, misalnya:

a. Square simbol

Square Simbol atau Simbol kotak [logo persegi empat] ialah simbol dari situs anda. Bila anda cuma punyai simbol situs biasa dan tidak memiliki ukuran persegi empat silakan buat yang persegi empat.

Untuk ukuran harus 1000×1000. Dalam beberapa kasus, bila logonya kurang dari ukuran itu bakal ada pernyataan seperti Can’t unggah this gambar because it’s not wide enough. The gambar must have a width of at least 512 px. The actual width is 412 px.

Anjuran saya, ganti saja percentagenya gunakan Paint atau program pengoreksian lain. Dalam kasus saya, ukuran Square logonya ialah horizontal 1000 dan vertical 989.

b. Wide simbol (recommended)

Berperan untuk sesuaikan dengan simbol yang diupload. Maka bila anda mengupload wide simbol, hasilnya semakin lebih responsive. Di tahapan ini anda dapat menambah simbol khusus topik light atau jelas dan simbol dark atau gelap yang telah ada di program Google News. Point ini yang dianjurkan oleh Google News untuk dipakai daripada Square simbol yang dimensinya tetap. Bila cara ini telah usai, click saja Next.

5. Ads

Di situs ads ini anda dapat tambah code Google AdSense yang dipakai di website atau website anda. Untuk menambahnya, silakan tujukan cursor ke kolom earnings. Dalam menu turun down yang ada di kolom silakan click saja Google AdSense.

Bila opsi ini belum ada, memiliki arti anda belum memadukan Search Console dengan Google AdSense yang dipakai. Selanjutnya ialah Google Ad Manager. Anda dapat isikan dengan code ad manajer yang anda gunakan. Bila belum mempunyai manager iklan, dapat dikosongkan lalu click NEXT

6. Advanced

Di situs advanced ini ada banyak rekonsilasi yang dapat dilakukan misalnya:

a. Access groups

Situs akses grups memungkinkannya anda membuat group admin baru supaya mereka dapat terhubung halaman Google News punya anda. Bila website anda diatur secara individual, lompati saja cara ini.

b. Article styles

Di sini anda dapat atur style artikel website anda. Untuk mengendalikannya anda dapat sesuaikan CSSnya. Saat sesuaikan anda bisa juga menyaksikan pratinjau style di kolom sebelahnya. Bila syntax yang ditempatkan eror, bakal ada pernyataan di kolom kecil yang ada di bawah penataan model CSS.

c. Uploaded fonts

Anda bisa juga memakai font kustom pada CSS diatas. Untuk font costum ini cuma ada di program Google News. Untuk font, silakan upload beragam variasi font famili dalam pola TTF atau OTF. Bila anda tidak gunakan font khusus, karena itu secara standar font bisa menjadi Roboto di Android dan desktop dan font San Francisco di iOS.

7. Review dan Publish

Dalam menu Ulasan ini memungkinkannya anda untuk menyaksikan mana beberapa data yang belum berisi dan yang mana sudah. Bila anda data yang belum berisi komplet silakan click Ulasan yang automatis akan arahkan anda ke situs yang belum komplet, belum berisi atau eror.

Sementara, jika semua issue sudah pasti atau telah di ulasan, akan ada tombol ulasan kecil dibawahnya. Tombol ini akan arahkan anda ke situs inspeksi peraturan service Google News. Jadi silakan click saja disitu. Ada dua tipe data dalam kolom inspeksi ini yaitu Terms of servis yang berisi peraturan Google News Penerbit/publisher A data kesepakatan dan greement.

Silakan baca termin of servis yang ada dengan komplet apabila telah, cara selanjutnya ialah isi kolom kosong di sampingnya, dengan beberapa data yang sama sesuai, misalnya:

  • Your name atau nama anda
  • E-mail kontak atau contact e-mail yang aktif atau yang dipakai saat register tadi. Upayakan nama di e-mail ini sama dengan kontak yang diisi awalnya
  • Judul berisi kedudukan atau status pemilikan situs
  • Organisasi diisi bernama organisasi yang mengurus situs. Bila website itu diatur secara individual, silakan isi saja nama website anda di kolom itu
  • Bila beberapa data di atas telah usai diinputkan, cara setelah itu contreng kotak I have read and accepted the Google News Penerbit/publisher Center Terms of Servis lalu click Submit.

Sesudah Submit, anda akan ditujukan kembali ke situs Ulasan dan Publish. Di situs ini, secara automatis tombol Publish telah muncul. Silakan click Publish bila anda ingin supaya website anda secepat-cepatnya dilihat oleh faksi Google News.

Di kolom Testing your publication yang berada di samping kolom Publish, anda dapat mengetes apa situs publisitas yang dibikin itu telah belum atau sama sesuai. Dengan demikian anda dapat mengetahui beberapa hal apa yang kurang bila nanti website anda ditampik oleh Google News atau diterima.

Penutup

Baiklah guys, ada beberapa langkah untuk memperoleh pengunjung website atau traffic. Jika anda kesusahan memperoleh traffic di Google coba peruntungan anda di Google News. Harus dipahami karena karena Google News ialah service news suggested, s

ebaiknya anda membuat beberapa artikel yang tidak basi, berkaitan dan memancing ketertarikan pembaca. Begitu artikel mengenai cara mendaftar Google News. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna untuk anda, sampai jumpa pada postingan artikel selanjutnya yang kami update setiap hari disini.