Cara Optimasi Seo Off Page Terbaru Tahun 2023

Cara Optimasi Seo Off Page – SEO off-page adalah salah satu bagian tersulit dari pemasaran digital. Rasanya ada lebih banyak cara untuk melakukan kesalahan daripada melakukannya dengan benar. Di suatu tempat di antara saran untuk “lakukan ini, bukan itu” adalah pendekatan yang berguna

untuk mempromosikan situs web yang tidak akan memberikan alasan untuk melihat ke belakang. SEO di luar halaman secara tradisional berarti memperoleh tautan. Dan, karena tautan terus menjadi faktor peringkat yang penting, SEO off-page adalah bagian penting dari SEO.

Dokumentasi Google tentang cara melakukan SEO terutama berfokus pada pengoptimalan apa yang ada di halaman web (juga dikenal sebagai SEO on-page). Saran SEO yang diberikan oleh Google jarang membahas tentang SEO off-page, kecuali dalam konteks pedoman tentang apa yang tidak boleh dilakukan.

Didekati secara realistis dan dengan mata jernih seorang pragmatis, mungkin untuk menavigasi strategi SEO di luar halaman yang tetap berada dalam batas sempit yang ditentukan oleh Google dan menghasilkan lebih banyak uang.

Cara Optimasi Seo Off Page

Apa itu SEO Off Page?

Definisi sempit SEO off-page adalah: Ini membangun tautan. Definisi yang luas mencakup aktivitas promosi di luar situs web, termasuk paparan pers dan tautan (dengan atau tanpa nofollow), dan kampanye kesadaran merek yang dapat melibatkan penerbitan di situs dan buletin lain.

SEO biasanya dipertimbangkan dalam kaitannya langsung dengan peringkat pencarian yang dapat diatribusikan. Ketika sesuatu dilakukan untuk tujuan SEO, ada harapan akan peringkat yang lebih baik dan lebih banyak lalu lintas pencarian.

Dan itu karena, pada hari-hari awal SEO, analitik pencarian menunjukkan kata kunci mana yang bertanggung jawab untuk setiap pengunjung situs yang berasal dari pencarian. Jadi, mudah untuk menghubungkan peringkat pencarian dengan lalu lintas secara langsung.

Dan dari lalu lintas penelusuran, klik dari hasil penelusuran ke konversi dapat diatribusikan secara langsung. Itu membuat menghubungkan titik-titik antara aktivitas SEO, peringkat, dan penghasilan menjadi mudah. Tapi itu tidak mungkin lagi karena browser menyembunyikan kata kunci.

Dan itu membuatnya lebih mudah untuk mulai memikirkan SEO dalam hal lalu lintas dan pendapatan, meskipun itu hanya dapat dikaitkan secara tidak langsung dengan SEO. Siapa pun yang pernah bekerja di ceruk B2B tahu ada lebih banyak untuk menumbuhkan lalu lintas online daripada apa yang tersedia melalui mesin pencari.

teknik seo off page

Lalu Lintas Pencarian Rendah

Bagi pemasar B2B, kelangsungan hidup seringkali bergantung pada pencapaian klien potensial yang bahkan mungkin tidak menyadari bahwa ada solusi – seperti halnya alat khusus seperti perangkat lunak bagan organisasi atau aplikasi manajemen kinerja.

Meskipun aktivitas promosi tidak secara langsung memengaruhi lalu lintas pencarian, dalam jangka pendek, hal itu memengaruhi lalu lintas. Dalam jangka panjang, seperti yang akan ditunjukkan, pada akhirnya dapat memengaruhi lalu lintas pencarian.

Tidak ada yang dapat mencari produk atau perusahaan jika mereka tidak mengetahui keberadaan keduanya. Menggarisbawahi pentingnya aktivitas promosi, Google mengajukan paten yang menjelaskan bagaimana penelusuran bermerek dapat digunakan serupa dengan tautan untuk mengaitkan perusahaan

dengan istilah penelusuran dan memberi peringkat perusahaan tersebut lebih tinggi dalam hasil penelusuran. Dari perspektif itu, masuk akal untuk memasukkan aktivitas promosi online dalam deskripsi SEO di luar halaman.

SEO On Page vs SEO Off Page

On-page SEO adalah tentang pengoptimalan yang dilakukan pada situs web yang memudahkan mesin pencari untuk merayapi dan memahami. Itu termasuk tautan internal, menggunakan kanonikalisasi yang tepat, mengedit untuk kejelasan konten, membuat tag judul deskriptif, dan menulis deskripsi meta yang unik.

Faktor peringkat SEO pada halaman adalah tentang relevansi halaman dan dianggap sebagai sinyal yang lebih kuat daripada faktor SEO di luar halaman. Itu sebabnya konten dipahami sebagai sinyal peringkat terkuat. Namun tanpa SEO off-page, sebuah halaman web akan kesulitan untuk mendapatkan peringkat, terutama di pasar yang sangat kompetitif.

SEO di luar halaman membantu mesin telusur menemukan halaman web untuk dirayapi dan memahami isi halaman tersebut. Sebaiknya pikirkan SEO off-page sebagai aktivitas promosi yang terkait dengan menarik tautan. Tapi itu juga bisa termasuk kegiatan promosi agar konsumen tahu keberadaan perusahaan dan apa yang dilakukannya.

Dokumentasi yang tersedia di Google untuk SEO on-page sangat luas. Itu tidak berlaku untuk SEO off-page, mungkin karena menawarkan informasi tersebut dapat memberikan petunjuk tentang cara memanipulasi peringkat.

Mengapa SEO Off Page Itu Penting

SEO di luar halaman penting karena situs web yang kekurangan kutipan dari situs lain menyerupai situs yang tidak layak untuk dirayapi dan diindeks. Karena faktor peringkat di luar halaman, seperti tautan, mengukur seberapa penting sebuah situs, kegagalan untuk mencapai tautan apa pun dapat berkontribusi pada lalu lintas pencarian yang stagnan.

Ini tidak berbeda dengan memiliki mobil tanpa bahan bakar. Deskripsi paling akurat tentang apa yang membuat SEO off-page penting adalah memberikan momentum ke depan ke situs dengan membantu peringkatnya lebih tinggi untuk lebih banyak frase kata kunci.

Apakah Tautan Membantu Membangun Otoritas?

Sementara profesional SEO suka memikirkan konsep abstrak seperti otoritas situs web sehubungan dengan tautan, Google sebenarnya tidak memiliki metrik apa pun yang sesuai dengan Google sering mengatakan bahwa ia berusaha untuk memberi peringkat pada konten yang berwibawa.

Namun, kata tersebut umumnya digunakan dalam konteks kualitas konten itu sendiri bukan sebagai faktor peringkat mandiri yang mengalir ke halaman web dan mengisinya dengan “otoritas”. Analis Tren Webmaster Google John Mueller membantah gagasan bahwa Google menggunakan metrik otoritas.

Yang jelas terlihat adalah bahwa situs dengan skor PageRank tinggi cenderung berperingkat lebih baik daripada situs dengan skor PageRank lebih rendah. Beranda situs tersebut berisi skor PageRank tertinggi. Jadi, dipahami (pada saat itu) bahwa domain dengan skor PageRank tinggi berperingkat lebih baik.

Karena domain dengan skor PageRank tinggi dianggap otoritatif, mudah untuk mengatakan bahwa domain tersebut adalah domain otoritatif. Siapa pun dapat melihat skor PageRank dan bagaimana domain dengan PageRank tinggi diberi peringkat lebih tinggi daripada domain dengan PageRank lebih rendah.

Itu mengarah pada kepercayaan pada konsep “otoritas domain”. Tetapi Google tidak pernah benar-benar menggunakan metrik otoritas domain apa pun. Konsep otoritas domain hanyalah ide longgar berdasarkan apa yang dapat dikonfirmasi secara visual. Akhirnya, Google menyesuaikan bagaimana peringkat laman web sehingga skor PageRank tidak terlalu berperan dalam menentukan peringkat laman mana yang tertinggi.

Baiklah itu tadi ulasan mengenai cara optimasi Seo off page yang berhasil kami sajikan untuk kalian semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada postingan artikel selanjutnya. Untuk mencari informasi lainnya bisa kalian cari di kolom pencarian.