7 Contoh Surat Kuasa dan Beberapa jenisnya Lengkap

Contoh Surat Kuasa – Hai sahabat number one, di edisi ini kali kita akan membahas mengenai surat kuasa yang disebut salah satunya surat penting yang umumnya dipakai untuk mewakilkan suatu hal kepentingan ke seorang yang telah dipercaya.

Dalam kata lain Surat kuasa adalah tipe surat yang sering dicari oleh beberapa orang. Umumnya, surat ini digunakan untuk mengalihkan kuasa dari satu pihak ke pihak yang lain sebagai wali kuasa.

Dengan keutamaan surat itu, jadikan surat ini jangan asal-asalan diserahkan ke orang lain. Lalu bagaimanakah langkah membuat surat kuasa dan contohnya? Baca pembahasan yang telah kami persiapkan selengkapnya seperti di bawah ini.

contoh surat kuasa

Apakah itu Surat Kuasa?

Pemahaman surat kuasa ialah surat mengenai pemberian kuasa ke seseorang, yang nanti disebutkan dengan wali kuasa. Nanti, orang itu akan bertindak atas nama pemberi kuasa untuk menuntaskan masalahnya.

Secara singkat, surat ini jadi sebuah bukti perpindahan hak atau kuasa seorang ke orang lain. Wali kuasa bisa menjadi wakil dari pemberi kuasa untuk lakukan apa yang sudah tercatat di surat pemberian kuasa.

Ciri-Ciri Surat Kuasa

Berlainan dengan surat yang lain, surat pemberian kuasa memiliki beberapa ciri-ciri khusus tertentu dalam pengaturannya. Salah satunya sebagai berikut. Diatur memakai Bahasa Indonesia baku yang gampang dipahami. Berisi pengakuan mengenai peralihan kekuasaan atau kuasa ke wali kuasa. Adapun gaya bahasa yang dipakai terang, padat, dan singkat.

Jenis Surat Kuasa

Biasanya, surat ini terdiri jadi beberapa macam yang diperbedakan berdasar pengirim atau keperluan dari surat itu. Adapun contoh, langkah pengaturan sampai pola surat kuasa akan diterangkan berikut.

Surat Kuasa Resmi

Surat pemberian kuasa resmi adalah tipe surat yang memiliki sifat formal. Umumnya, surat ini diedarkan oleh satu perusahaan, instansi atau lembaga pemerintah untuk dinas keluar mendatangi acara dan kota. Biasanya, template surat kuasa resmi ini berisi kuasa ke beberapa pegawai untuk lakukan aktivitas untuk kebutuhan perusahaan. Berikut contoh penulisan surat resmi.

Surat Kuasa Resmi

Surat Kuasa Khusus

Surat ini sebagai bukti perpindahan kuasa secara eksklusif ke yang menerima untuk sebagai wakil satu kebutuhan tertentu. Tetapi, supaya surat ini syah di muka hukum, Anda harus menulis instruksi dengan rinci. Berikut contoh penulisan suratnya.

Surat Kuasa Khusus

Surat Kuasa Pribadi

Tipe surat perpindahan kuasa pribadi mempunyai karakter non resmi dan diedarkan secara pribadi, individual atau perseorangan. Biasanya, surat ini dibikin untuk beberapa masalah berkaitan dengan document pribadi. Misalkan saja contoh surat pemberian kuasa ambil uang, ambil upah pensiun, ambil barang, sampai ambil dokumen. Berikut contoh penulisan suratnya.

Surat Kuasa Perantara

Surat pemberian kuasa perantara ialah surat yang dibikin untuk menunjuk perwakilan agen perdagangan. Dalam surat ini, tercatat informasi-informasi berbentuk perintah dari pihak pertama pada pihak kedua dalam jalankan perlakuan di bawah hukum.

Pihak kedua yang dipilih sebagai agen yang nanti akan jalankan satu aktivitas perdagangan pada pihak ketiga. Adapun jati diri pihak ketiga harus ditulis dengan jelas dalam surat.

Surat Kuasa Perantara

Surat Kuasa Insidentil

Kata insidentil disimpulkan jika penulisan surat ini berdasar satu kejadian atau peristiwa. Umumnya, surat dibikin oleh pemberi dan yang menerima kuasa yang memiliki jalinan darah. Misalkan saja, untuk bicara di pengadilan sesudah mendapat ijin dari ketua pengadilan. Adapun yang menerima kuasa bukan seorang advokat dan tidak terima uang dari pemberi kuasa.

Surat Kuasa Istimewa

Kata istimewa dalam surat ini memvisualisasikan kondisi dan situasi dari pemberi kuasa. Surat itu memiliki sifat limitatif, yakni terbatas dalam perlakuan penting dan tertentu. Bahkan juga, cuma bisa dilaksanakan oleh faksi yang berkaitan pada surat secara personal.

Supaya surat pemberian kuasa spesial ini syah di muka hukum, karena itu seluruh pihak yang turut serta dalam penulisan surat wajib melakukan ambil sumpah, dan berwujud berbentuk akte akte notaris atau orisinal.

Surat Kuasa Istimewa

Biasanya, surat pemberian kuasa spesial dibikin oleh pihak yang terlilit permasalahan hukum dan diarahkan ke advokat atau instansi hukum. Misalkan, untuk mengalihkan pemilikan benda sampai membuat pengakuan damai.

Komponen Surat Kuasa

Dalam pengaturan surat ada beragam komponen yang harus Anda lihat dan penuhi untuk jamin keaslian surat. Misalkan, jati diri dari yang menerima atau pemberi kuasa.

Disamping itu, pengaturannya juga jangan melalui beberapa bagian penting dari surat. Adapun sisi itu salah satunya sebagai berikut.

  • Kop atau Kepala Surat.
  • Nomor surat.
  • Judul surat.
  • Tanggal pemberian kuasa.
  • Nama dan identitas diri yang menerima kuasa.
  • Isi surat berkaitan dengan pemberian kuasa.
  • Tanda-tangan bermaterai pemberi kuasa.
  • Tanda-tangan yang menerima kuasa.
  • Stempel atau cap dari instansi berkaitan dan lembaga.

Hal Yang Harus Jadi perhatian Dalam Pembuatan Surat

Sesudah ketahui tipe dari surat pemberian kuasa, ada banyak poin utama yang lain yang perlu Anda kenali dalam pembikinan surat untuk diberi pada pihak lain. Berikut keterangan kompletnya.

Tentukan Orang yang Dipercayai

Umumnya, surat ini berisikan kuasa penting serta mempunyai nilai besar. Dengan demikian, Anda harus memerhatikan faksi yang menerima kuasa. Faksi itu sebaiknya orang yang Anda percayai untuk menghindar hal jelek seperti penyimpangan kuasa.

Membawa Dokumen

Dalam usaha untuk menahan ada kekeliruan data Anda atau yang menerima kuasa saat membuat surat, karena itu Anda harus menyertakan document asli sebagai proses klarifikasi. Ini dilaksanakan supaya amanah bisa terwujud dengan lancar.

Misalkan, Anda ingin memberi kuasa atas pengurusan pajak, karena itu Anda harus bawa document asli berbentuk kartu identitas dan NPWP Anda saat pengaturan surat pemberian kuasa.

Cap atau Materai

Materai jadi bukti jika surat yang Anda bikin telah syah di muka pengadilan dan hukum. Hingga, beberapa hal jelek seperti penyimpangan kuasa bisa dihindari. Yakinkan yang menerima kuasa atau pemberi kuasa tanda-tangani surat di atas materai.

Naiklah sahabat number one Tersebut barusan keterangan dari onebigpromedia.id berkenaan apakah itu surat kuasa, misalnya, dan tipe. Penting untuk Anda untuk ketahui bagaimanakah cara membuat supaya meminimalkan kekeliruan dalam pengaturannya.

Mudah-mudahan apa yang kami suguhkan ini berguna untuk kamu semua. Terima kasih banyak telah berkunjung situs website kami dan untuk memperoleh up-date info yang lain dapat kalian peroleh di kolom penelusuran.