Hallo Runner Surabaya, Yuk Kejar Dekan Cup FK UNAIR

Surabaya, (newsroom.id) – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga akan kembali mengadakan kegiatan rutin tahunan yaitu Dekan Cup FK UNAIR 2020 yang akan dimulai pada tanggal 23 Februari 2020 hingga 3 April 2020. Dekan Cup FK UNAIR merupakan acara tahunan yang ditujukan untuk mempererat silaturahmi seluruh civitas akademika FK UNAIR , Rumah Sakit Dr.Soetomo serta Rumah sakit UNAIR berupa kegiatan perlombaan di bidang sport dan non sport. Tidak hanya untuk civitas, namun Dekan Cup FK UNAIR juga menyampaikan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui kegiatan lari 5km sebagai pembuka acara dan ditutup dengan adanya konser musik.

Berlatar belakang dari tingginya kejadian penyakit jantung di Indonesia, sehingga Dekan Cup FK UNAIR hadir dengan mengusung tema “Heart Disease” . Selain itu, acara ini akan dibuka dengan “AIRUN” Aesculap Inspire to Run dalam rangka penyampaian edukasi kesehatan. “AIRUN” hadir dengan konsep kegiatan charity lari 5km yang mana keuntungan dari hasil penjualan tiket akan disumbangkan 10% kepada Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan pelari akan mendapatkan bonus pengetahuan serta fasilitas kesehatan yang memadai dan terpercaya. Hingga saat ini, penjualan tiket berhasil mencapai 1000 tiket sold out oleh pelari dan mahasiswa FK yang mengikuti. Rute lari untuk AIRUN adalah berangkat dari kampus FK UNAIR menuju SMA komplek kembali melalui Grand City hingga tiba di kampus FK UNAIR kembali. Tidak lupa, sebelum memulai lari akan diadakan pemanasan bersama yang dipimpin oleh Departemen KFR (Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi). Sepanjang track akan diberikan suasana yang berhubungan dengan “Heart Disease” sekaligus menambah pengetahuan pelari.

Refreshment juga telah disiapkan mulai dari minuman hingga buah sehingga pelari akan bertambah asupan gizinya dalam mengembalikan stamina setelah berlari.
Tak berhenti pada perlombaan lari, tetapi berlanjut beberapa kegiatan di kampus FK UNAIR dan cek Kesehatan gratis seperti pemeriksaan mulai cek darah, paru dan varises tersedia di acara pembukaan ini. Bukan hanya cek kesehatan, melainkan ada juga edukasi mengenai Basic Life Support (BLS) yang hendaknya perlu diketahui oleh semua kalangan masyarakat mengingat banyaknya kejadian penderita yang membutuhkan pertolongan pertama di sekitar kita.

(foto/ist)

Penutupan dari acara Dekan Cup FK UNAIR 2020 yaitu acara konser “ANESTHESIA” dimeriahkan oleh para penyanyi papan atas dan acara ini terbuka untuk semua kalangan masyarakat. Tidak lupa seperti tujuan awal untuk edukasi, maka acara ini menyiapkan Artspace, area penyampaian edukasi sesuai dengan tema, yakni “Heart Disease” yang instragamable dan menarik untuk dibuat foto serta menambah pengetahuan yang tidak kalah pentingnya. Tidak lupa pada Anesthesia ini, hasil juara dari semua perlombaan akan ditampilkan mulai dari hasil fotografi dan lukis hingga pemenang band serta FK Idol akan tampil di panggung besar Anesthesia. (dhy./)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *