Ulasan Tentang Optimasi Seo On Page Adalah

Optimasi Seo On Page Adalah – Optimalisasi pada halaman adalah proses memastikan konten relevan dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Di masa lalu, banyak bisnis mendekatinya hanya sebagai penjejalan kata kunci; menyebutkan kata kunci mereka sebanyak mungkin dalam konten.

Ini membuat pengalaman pengguna yang buruk. Hari-hari ini, pengoptimalan pada halaman menyertakan penargetan kata kunci cerdas, di mana kata kunci disebutkan dalam elemen kunci sambil tetap memberikan pengalaman pengguna yang baik. Ini berarti konten Anda terbaca dengan baik, dan juga memenuhi apa yang sebenarnya dicari pengguna.

Perubahan dilakukan melalui Sistem Manajemen Konten (CMS), artinya orang non-teknis harus dapat memperbaruinya. Investasi waktu dibagi antara pekerjaan di muka dan tugas yang sedang berlangsung. Jika Anda memiliki CMS modern seperti WordPress, seharusnya mudah menargetkan kata kunci dalam elemen kunci. Ini termasuk membuat gambar, judul, salinan isi utama, tag deskripsi meta, dan tag judul.

Optimasi Seo On Page Adalah

Apa itu SEO on-page?

SEO On-page adalah praktik mengoptimalkan elemen di situs web Anda, seperti kecepatan halaman dan kepadatan kata kunci, versus faktor-faktor di luar situs web Anda, seperti tautan balik eksternal, untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas situs di mesin telusur.

Mengapa melakukan SEO on-page?

SEO pada halaman mengarah ke peringkat pencarian yang lebih tinggi, peningkatan lalu lintas ke situs Anda, dan lebih banyak konversi. Hasil SEO on-page membutuhkan waktu, tetapi begitu strategi SEO on-page Anda berhasil, itu dapat membuat peringkat dan penjualan online Anda melambung.

Faktor peringkat SEO on-page apa yang harus saya optimalkan?

Dengan SEO on-page, Anda memiliki beberapa faktor peringkat on-page yang berbeda. Anda ingin mengoptimalkan semua faktor ini. Meluangkan waktu untuk mengoptimalkan masing-masing faktor ini akan meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian dan membuat situs web Anda lebih kompetitif dan sulit dikalahkan.

Faktor pengoptimalan pada halaman yang harus Anda fokuskan meliputi:

  1. URL
  2. Tag judul
  3. Deskripsi meta
  4. Tag judul
  5. tag Alt
  6. Kata kunci
  7. Isi
  8. Kecepatan
  9. Tautan internal
  10. Gambar-gambar
  11. Ramah seluler

Contoh beberapa item tindakan SEO di halaman meliputi:

  1. Mengoptimalkan tag judul dan deskripsi meta Anda
  2. Menulis konten yang mendalam dan berkualitas
  3. Membersihkan kode situs Anda
  4. Memperlancar navigasi situs Anda
  5. Mempercepat situs web Anda

Teruslah membaca untuk mempelajari cara melakukan optimasi on-page untuk masing-masing faktor SEO on-page ini!

Cara mengoptimalkan SEO on-page

Sekarang setelah Anda mengetahui faktor apa yang memengaruhi SEO on-page Anda, Anda dapat mulai mengoptimalkannya. Ingat, perlu waktu untuk mengoptimalkan situs Anda, serta melihat hasilnya. Namun, mengikuti praktik terbaik untuk faktor-faktor ini akan membantu Anda membuat situs web yang dapat bertahan dari pembaruan algoritme.

URL

cara optimasi seo on page

URL untuk halaman situs web Anda harus menyertakan deskripsi singkat tentang topik halaman tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki laman tentang tempat penitipan anak anjing di Pantai Daytona, URL yang baik untuk itu adalah www.yoursite.com/dog-daycares-in-daytona. Atau, jika Anda memiliki beberapa lokasi, Anda dapat menggunakan format berikut: www.yoursite.com/locations/daytona/dog-daycare.

Menyertakan kata kunci Anda di URL alih-alih rangkaian panjang angka campur aduk juga membuat situs Anda lebih mudah dinavigasi dan memberi orang ide yang lebih baik tentang topik halaman Anda.

Manakah dari URL berikut yang ingin Anda kunjungi, misalnya?

https://www.example.com/category/subcategory/keyword.html
https://www.example.com/125typu4f5ww56fifl6639j875fe.html
Gunakan URL yang rapi dan teratur — seperti contoh pertama di atas — untuk menyempurnakan arsitektur situs Anda dan membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil penelusuran yang relevan.

Tag Judul

Untuk menunjukkan situs web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP), Google harus tahu tentang apa halaman Anda. Menggunakan kata kunci spesifik dalam tag judul setiap halaman (<title>, </title>) memudahkan perayap mesin telusur untuk memahami situs web Anda.

Misalnya, jika Anda menargetkan kata kunci, “penitipan anak anjing di pantai daytona”, Anda dapat membuat tag judul berikut: “Penitipan Anak Anjing Terbaik di Pantai Daytona | Nama perusahaan.” Untuk hasil terbaik, batasi tag judul Anda hingga 55 karakter untuk mencegah Google memotongnya di hasil pencarian dan gunakan kata kunci yang Anda targetkan di awal.

bagaimana proses kerja seo off page

Deskripsi Meta

deskripsi meta tidak memengaruhi pengoptimalan halaman Anda secara langsung. Ini adalah fitur yang membantu pengguna mempelajari lebih lanjut tentang halaman Anda. Fakta bahwa Google akan menebalkan istilah pencarian pengguna yang muncul dalam deskripsi meta Anda adalah alasan lain untuk mengoptimalkan deskripsi meta Anda untuk SEO pada halaman.

Sertakan kata kunci inti dan terkait Anda dalam deskripsi meta Anda untuk hasil terbaik. Halaman Anda tentang tempat penitipan anjing di Pantai Daytona, misalnya, dapat menggunakan deskripsi meta berikut: “Mencari tempat penitipan anak anjing di Pantai Daytona? Datanglah ke Rover untuk penitipan anak anjing, perawatan anjing, dan banyak lagi!” Untuk hasil terbaik, deskripsi meta Anda harus tetap pada 160 karakter.

Heading Tag

Ketika datang ke tag judul, Anda ingin menggunakannya untuk mesin pencari dan pengguna. Gunakan tag judul di seluruh konten Anda untuk memecahnya dan membuatnya lebih mudah dibaca dan dapat dibaca oleh pengguna. Anda juga dapat menambahkan kata kunci inti atau kata kunci terkait untuk menyediakan lebih banyak konteks bagi mesin telusur untuk halaman Anda.

Misalnya, postingan tentang penitipan anak anjing dapat menggunakan tajuk berikut:

Apa yang termasuk penitipan anak anjing?
Berapa biaya penitipan anak anjing?
Bagaimana menemukan tempat penitipan anak anjing terbaik
Saat menulis tag judul Anda, ingatlah untuk menargetkan kata kunci inti Anda di tag H1 Anda.

Tag Alt

Mesin pencari tidak dapat melihat multimedia, jadi mereka bergantung pada atribut alt untuk memberi tahu mereka apa itu multimedia. Misalnya, jika Anda memiliki foto apel, tag alt Anda dapat bertuliskan “apel lezat merah”. Selain itu, Anda dapat menambahkan nama deskriptif ke file gambar itu sendiri sehingga Google dapat memahami multimedia Anda dengan lebih baik.

Selalu sertakan tag alt untuk konten multimedia Anda. Selain Google, tag alt Anda juga membantu pengguna yang tidak dapat melihat atau berinteraksi dengan konten Anda. Menggunakan tag alt membuat konten Anda dapat diakses oleh semua orang yang menjelajahi situs Anda.

Kata Kunci – Keyword

Setiap halaman di situs Anda harus menyertakan konten teks yang membahas topik halaman tersebut. Bahkan halaman yang biasanya tidak dioptimalkan, seperti halaman “Hubungi Kami”, dapat membantu bisnis Anda mendapatkan pengakuan secara online. Menggunakan kata kunci di seluruh teks isi halaman Anda membantu Google membacanya dan memeringkatnya dengan tepat.

Anda harus meneliti dan menyusun kata kunci untuk setiap halaman di situs Anda. Alat penelitian kata kunci seperti KeywordsFX dan Keywordtool.io dapat membantu Anda memahami kata kunci yang diteliti orang terkait dengan produk dan layanan Anda.

Lihat metrik yang bermanfaat, seperti volume penelusuran bulanan dan persaingan, untuk menentukan kata kunci mana yang menawarkan nilai paling tinggi kepada Anda. Dalam kebanyakan kasus, perusahaan kecil akan fokus pada kata kunci berekor panjang atau kata kunci dengan tiga hingga empat kata.

Kata kunci berekor panjang seringkali memiliki volume pencarian bulanan yang lebih rendah, tetapi mereka juga memiliki persaingan yang lebih rendah. Biasanya lebih mudah untuk menguraikan maksud pencarian di balik kata kunci berekor panjang karena lebih spesifik.

Misalnya, jika seseorang menelusuri istilah berekor pendek, “suguhan anjing”, sulit untuk mengidentifikasi dengan tepat apa yang ingin mereka temukan. Mungkin mereka sedang meneliti suguhan anjing terbaik untuk anjing kecil, atau mereka mungkin ingin mencoba resep suguhan anjing.

Di sisi lain, jika seseorang menelusuri frasa panjang, “beli camilan anjing untuk anak anjing”, Anda tahu persis apa yang ingin mereka temukan dan mereka siap membelinya. Kampanye SEO berperforma tinggi berisi kata kunci pendek dan panjang dan istilah yang Anda pilih untuk ditargetkan akan bergantung pada bisnis dan tujuan Anda.

Content

Dengan konten, Anda memberi pengguna alasan untuk mengunjungi situs Anda. Baik itu untuk membaca postingan blog atau melihat halaman produk, orang-orang menelusuri konten Anda. Mengoptimalkan konten Anda dapat membantu mesin telusur memahami dan memberi peringkat pada konten Anda, yang dapat membuat orang menemukan situs web Anda.

SEO pada halaman untuk konten berkisar pada praktik berikut:

Menggunakan kata kunci Anda dalam judul dan paragraf
Melanggar konten Anda menjadi judul skimmable
Melengkapi konten Anda dengan gambar yang bermanfaat
Memastikan konten Anda menggunakan ejaan dan tata bahasa yang benar
Membuat konten Anda dapat dipercaya dan berwibawa
Selain itu, Anda harus secara teratur menambahkan halaman konten baru ke situs Anda sehingga mesin telusur akan melihat bahwa Anda sedang aktif online. Anda dapat melakukannya dengan postingan blog baru, halaman arahan, dan strategi lain yang menunjukkan kepada Google bahwa Anda bekerja keras untuk pelanggan Anda.

Menemukan dan Menghapus Duplikat Konten juga Meningkatkan SEO pada Halaman Anda.

Konten duplikat mengacu pada blok konten serupa di beberapa halaman di situs web Anda dan itu tidak diinginkan karena dua alasan:

Google tidak tahu halaman mana yang akan diberi peringkat: Ketika banyak halaman situs berisi informasi yang sama persis, mesin pencari tidak akan tahu halaman mana yang akan diberi peringkat di hasil pencarian.

Konten duplikat membingungkan pengunjung situs: Saat pengunjung menemukan konten duplikat di situs Anda, hal itu dapat membingungkan mereka, dan mereka mungkin tidak tahu langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Duplikat konten membuat kunci pas di corong konten Anda dan mencegah audiens Anda mengambil tindakan.

Konten duplikat buruk untuk SEO pada halaman, jadi pastikan untuk secara teratur memeriksa situs Anda untuk menemukan konten duplikat dan menghapusnya.

Page speed

Dengan rentang perhatian kurang dari ikan mas biasa, 50% pengguna akan meninggalkan halaman jika membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk memuat. Orang menginginkan informasi, dan mereka menginginkannya sekarang!

Mesin pencari seperti Google juga menggunakan kecepatan halaman sebagai faktor peringkat. Anda dapat mengontrol kecepatan situs dan kecepatan halaman, sehingga Anda ingin mengoptimalkan kecepatan halaman. Jadikan situs web Anda memuat lebih cepat, dan Anda dapat mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Gunakan Wawasan PageSpeed untuk memeriksa kecepatan Anda.

Wawasan PageSpeed akan memberi Anda saran yang disesuaikan untuk mempercepat situs Anda. Anda juga dapat mengikuti beberapa praktik terbaik untuk kecepatan halaman, seperti mengompresi gambar, menghapus kode situs web yang tidak perlu, dan banyak lagi.

Tautan internal

Tautan internal sering diabaikan dalam hal SEO on-page. Namun, seiring pertumbuhan situs Anda, penting untuk mengembangkan proses penautan internal. Itu karena tautan internal membantu perayap menjelajahi situs Anda, menemukan konten baru, dan memahami konteks laman yang berbeda.

Memiliki sedikit atau tidak ada tautan internal pada halaman Anda berdampak negatif pada kemampuan pengguna untuk mengakses konten di situs Anda yang berharga bagi mereka. Dan jika mereka tidak dapat mengaksesnya, hal itu secara langsung memengaruhi tingkat konversi Anda.

Gunakan tautan internal untuk meningkatkan SEO di halaman Anda dengan:

Menambahkan tautan ke konten yang relevan dan sudah ada di postingan baru
Menambahkan tautan dari konten relevan yang sudah ada ke halaman baru
Setiap strategi tautan internal berbeda, tetapi untuk hasil terbaik, Anda harus memastikan bahwa setiap halaman baru memiliki setidaknya dua hingga tiga tautan ke sana. Jika Anda kesulitan menemukan halaman, jangan memaksakan tautan. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk membuat konten pilar.

Anda dapat memeriksa status tautan internal Anda dengan alat gratis seperti Screaming Frog.

Images / Gambar

Gambar penting untuk SEO, serta pengguna. Dengan gambar, Anda dapat memecah konten Anda. Anda juga dapat memberikan konteks, seperti untuk proses yang rumit atau fitur yang sulit dijelaskan. Sertakan gambar dalam konten Anda, mulai dari stok foto hingga grafik khusus hingga tangkapan layar.

Saat menambahkan gambar ke situs Anda, ingatlah untuk mengompres gambar Anda. Multimedia yang terlalu besar dapat memperlambat kecepatan halaman Anda, yang dapat memengaruhi peringkat Anda. Ingat juga untuk menambahkan teks alternatif, karena detail tambahan ini membuat situs web Anda lebih mudah diakses dan dapat membantu peringkat di Gambar Google.

Pastikan juga menyertakan fitur kegunaan seperti transkripsi untuk video dan teks alternatif untuk gambar. Ini adalah tempat bagus lainnya untuk memasukkan kata kunci target Anda, dan menggabungkannya dapat membantu membuat situs Anda sesuai dengan ADA.

Ramah seluler

Situs web yang ramah seluler sangat penting karena lebih dari 50% lalu lintas Internet berasal dari perangkat seluler. Jika orang di smartphone dan tablet tidak dapat mengakses situs Anda, peringkat Anda di hasil pencarian akan turun.

Mesin pencari seperti Google, misalnya, menggunakan keramahan seluler atau daya tanggap sebagai faktor peringkat. Artinya, jika situs Anda tidak dioptimalkan untuk pengguna seluler, Anda kehilangan prospek dan pendapatan yang berharga.

Kompatibilitas seluler bukan lagi saran. Itu adalah persyaratan, terutama jika Anda ingin mendapatkan peringkat yang baik untuk kata kunci Anda. Google mempertimbangkan kompatibilitas seluler saat memberi peringkat situs web Anda. Kompatibilitas rendah = peringkat rendah.

Pengoptimalan pada halaman untuk keramahan seluler sering berfokus pada pengembangan situs yang responsif. Dengan situs web yang responsif, Anda memiliki satu situs, yang memudahkan untuk memperbarui situs web Anda dan menambahkan konten baru.

Gunakan alat Tes Ramah Seluler Google untuk memeriksa daya tanggap situs Anda!

Cara mengevaluasi pengoptimalan di halaman Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang SEO on-page, Anda dapat mengevaluasi kinerja situs Anda. Anda dapat menggunakan alat untuk mengaudit situs Anda atau Anda dapat melihat halaman terpisah secara manual, tergantung pada preferensi Anda. Jika Anda memilih untuk melihat secara manual, Anda dapat menggunakan kriteria ini sebagai dasar pengoptimalan halaman.

  • Apakah Anda menggunakan kata kunci untuk setiap halaman? Apakah kata kunci ini telah menghasilkan pengunjung? Jika belum, mengapa Anda masih menggunakan kata kunci?
  • Apakah Anda menautkan halaman di situs Anda satu sama lain? Mungkinkah ini cara untuk membantu pengunjung berpindah dari satu titik ke titik lainnya hanya dengan satu atau dua klik?
  • Apakah situs Anda memuat dengan cepat? Atau apakah beberapa halaman membutuhkan waktu lama untuk dimuat? Jika Anda mengalami masalah, cari tahu di mana letak masalahnya. Situs web yang memuat lambat adalah sesuatu yang tidak disukai pengunjung manusia maupun bot!
  • Apakah situs Anda memiliki konten segar? Apakah sudah lebih dari satu atau dua tahun? Apakah ada yang berubah atau semuanya masih relevan?

Baiklah guys itulah tadi ulasan tentang pengertian optimasi seo on page adalah. Yang berhasil kami rangkumkan untuk kalain semua semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat untuk kalian para pemula blogger sampai jumpa pada postingan berikutnya.