Pengertian Abrasi Beserta Penyebab-penyebabnya

Pengertian Abrasi adalah erosi pantai merupakan bencana alam yang terjadi karena dua faktor, yaitu alam dan aktivitas manusia. Abrasi yang disebabkan oleh faktor alam (gelombang pasang laut) akan selalu terjadi. Meski begitu, kita masih bisa mengurangi kerusakan pantai akibat abrasi. Dengan meminimalkan dampak kerusakan ini, erosi tanah di pantai tidak menyusut atau berkurang secara signifikan.

Sederhananya, terjadinya abrasi adalah berupa sedimen di pantai yang terbawa oleh air laut dalam jumlah yang lebih besar atau telah melewati ambang batas. Oleh karena itu, jika hal seperti itu terus terjadi, sedimen di pantai tidak hanya akan berkurang, tetapi perlahan-lahan akan habis. Untuk pegertian lebih lanjut Anda bisa simak lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Abrasi

Abrasi adalah peristiwa pengikisan tanah yang disebabkan oleh gelombang laut dan pasang surut air laut. Baik itu gelombang laut maupun pasang surut air laut, keduanya memiliki sifat merusak. Oleh karena itu, daratan di garis pantai akan rusak jika terus menerus terkena gelombang dan pasang surut air laut.

Mirip dengan pengertian abrasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), abrasi adalah pengikisan batuan oleh angin, air, atau es yang mengandung bahan-bahan yang bersifat merusak.

Terjadinya реrіѕtіwа abrasi іnі tidak ѕеlаlu disebabkan oleh fаktоr аlаm, tetapi dараt jugа dіѕеbаbkаn оlеh реrіlаku manusia. Jika dibiarkan, perlahan tapi pasti luas pantai akan berkurang.

Ombak pantai juga yang tidak dapat terpecah dapat menimbulkan abrasi yang akan merugikan ekosistem, lingkungan, dan penduduk sekitar pantai. Untuk mencegah hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan material beton di sekitar pantai, sehingga ombak pantai dapat dipatahkan dan terhindar dari abrasi.

Eksploitasi Sumber Daya Laut

Apa saja Penyebab-penyebab Terjadinya Abrasi?


a. Arus Air Laut

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab utama abrasi adalah karena arus laut. Dalam hal ini arus laut dapat diartikan sebagai gelombang laut atau gelombang yang terus menerus merusak pantai sehingga garis pantai menyusut atau berkurang. Gelombang laut atau ombak ini dapat disebabkan oleh perbedaan konsentrasi air laut dan sirkulasi udara.

Dengan dua hal ini, ombak dan gelombang laut bisa mencapai pantai dan Gelombang laut yang kuat memecah batuan sedimen pantai dengan cepat. Selain itu, semakin kuat gelombang laut, semakin banyak pasir pantai dan material pantai lainnya yang terbawa ke laut. Oleh karena itu, erosi pantai akibat abrasi berangsur-angsur akan meningkat.

b. Pasang Surut Air Laut

Selain arus laut, pasang surut air laut juga terlibat dalam terjadinya abrasi. Dengan kata lain, karena pasang surut air laut tidak dapat dihindari, maka kerusakan pantai juga tidak dapat dihindari. walaupun tidak dapat dihindari akan tetapi kerusakan dapat diminimalkan.

Biasanya Pasang surut air laut disebabkan oleh gerakan gravitasi bumi dan bulan mengelilingi bumi. Pasang surut air laut membawa perubahan ke pantai setiap hari karena dapat membawa material pantai ke laut. Akibatnya banyak material pantai yang hilang dan terjadilah abrasi di pantai.

c. Badai

Badai adalah salah satu penyebab terjadinya abrasi. Abrasi bahkan lebih besar ketika badai terjadi di daerah pesisir. Faktanya, badai bisa membawa banyak material pantai. Badai yang lebih besar menyebabkan abrasi pantai yang lebih besar dan lebih parah. Bahkan di Indonesia sendiri sering terjadi karena indonesia dikenal sebagai negara yang rawan bencana alam karena letak geografisnya.

d. Eksploitasi Sumber Daya Laut

Eksploitasi sumber daya laut dapat menyebabkan abrasi. Hal ini karena ketika ada gelombang laut, tidak ada penghalang dan Anda bisa langsung menuju pantai. Selain itu, eksploitasi sumber daya laut juga dapat merusak ekosistem laut sehingga biota laut ikan dan terumbu karang tidak berkembang secara optimal.

Contohnya seperti sumber daya laut yang dieksploitasi, penangkapan ikan laut yang berlebihan, perusakan terumbu karang, dan eksploitasi biota laut yang berlebihan. Eksploitasi ѕumbеr dауа laut іnі harus dіkurаngі ѕеmаkѕіmаl mungkіn аgаr ekosistem laut dapat bеrtаhаn lеbіh lama. Lebih penting lagi, tidak ada eksploitasi sumber daya laut, yang mencegah terjadinya abrasi.

e. Pemanasan Global

Pemanasan global adalah salah satu penyebab terjadinya abrasi. Terjadinya pemanasan global disebabkan oleh perilaku buruk manusia yang mencegah panas bumi kembali ke atmosfer, dan suhu panas bumi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penyebab pemanasan global seperti penggunaan mobil, kebakaran hutan yang berlebihan, dan banyak asap pabrik yang beracun.

Kehadiran kendaraan bermotor ini menghasilkan karbon dioksida, membuat panas bumi sulit dipantulkan kembali ke bumi. Saat panas bumi terus berlanjut, permukaan laut naik saat es kutub mencari. Saat permukaan air laut terus naik, daerah di sekitar pantai menjadi lebih rendah dan mengakibatkan terjadinya abrasi.

Oke mungkin itu saja ya penjelasan yang bisa kami sampaikan seputar Pengertian Abrasi Beserta Penyebab-penyebabnya, semoga bisa dipahami dan mudah dimengerti. Sukses selalu untuk temen-temen semua. Terima kasih.