Pengertian Aset Kripto dan Mata Uang Kripto

Pengertian Aset Kripto – Halo sobat tentunya kalian pernah mendengar tentang istilah kripto bukan? atau bahkan ada orang yang mengajak kalian main kripto? tapi ini bukan game ya sobat. Meskipun bukan lagi jadi hal baru, beberapa tahun ke belakang perbincangan mengenai aset kripto semakin hari semakin besar.

Popularitas aset kripto yang meroket ini salah satunya didasari oleh banyaknya sosok berpengaruh di mancanegara yang mempromosikan jenis token pilihannya sebagai investasi masa depan. Keunikan aset kripto kerap kali diberitakan sebagai salah satu faktor yang dapat menghadirkan keuntungan besar bagi para investor.

Namun, di balik keuntungan tersebut, terdapat risiko yang patut dipahami secara lebih dalam. Lalu apa itu aset kripto sebenarnya? Selain itu ada orang yang mengatas namakan kripto imi untuk menjalani modus penipuan untuk pengertiannya supaya kalian lebih mengerti lagi langsung baca ulasannya.

pengertian aset kripto

Apa itu Aset Kripto?

Aset kripto adalah aset digital murni yang menggunakan buku besar publik melalui internet untuk membuktikan kepemilikan. Mereka menggunakan kriptografi, jaringan peer-to-peer dan teknologi ledger terdistribusi (DLT) – seperti blockchain – untuk membuat, memverifikasi, dan mengamankan transaksi.

Mereka dapat memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda: mereka dapat digunakan sebagai alat tukar; cara untuk menyimpan nilai; atau untuk tujuan bisnis lainnya. Aset kripto umumnya beroperasi secara independen dari bank sentral, otoritas pusat, atau pemerintah.

Buku besar terdistribusi adalah jenis database yang menyimpan catatan elektronik yang dibagikan dan direplikasi di banyak lokasi dan dikelola oleh anggota jaringan terdesentralisasi ini. Setiap transaksi baru harus disetujui oleh semua anggota jaringan sebelum ditambahkan ke buku besar.

Blockchain adalah salah satu jenis buku besar terdistribusi yang mengatur data dalam potongan-potongan dan menyatukannya. Cara unik untuk menyusun data ini memberikan keamanan tambahan pada transaksi blockchain karena tidak dapat diubah. Blockchain dapat digunakan untuk menyimpan banyak jenis data tetapi baru-baru ini menjadi populer karena penggunaannya untuk menyimpan riwayat transaksi mata uang kripto.

contoh aset kripto

Beberapa Jenis Aset Kripto

  • Cryptocurrency
  • Utility Tokens
  • Security Tokens
  • Non-Fungible Tokens

Mata uang kripto

Cryptocurrency (atau mata uang virtual) kemungkinan merupakan jenis aset crypto yang paling terkenal. Cryptocurrency adalah mata uang digital atau alat tukar. Ini dapat digunakan:

Untuk menukar produk atau layanan, seperti mata uang fiat (seperti dolar Kanada atau dolar AS)

Untuk tujuan spekulatif, seperti berdagang di platform perdagangan aset kripto (CTP)

Sebagai penyimpan nilai

Itu dibuat sebagai alternatif untuk uang fiat, tetapi cryptocurrency tidak dianggap sebagai alat pembayaran yang sah di Kanada. Cryptocurrency tidak memiliki nilai yang melekat; nilai yang dirasakan mereka sebagian besar didasarkan pada penawaran dan permintaan di pasar. Contohnya termasuk Bitcoin, Ether, Ripple, dan Litecoin.

Cryptocurrency umumnya tidak dianggap sekuritas dan, oleh karena itu, umumnya tidak tunduk pada undang-undang sekuritas. Misalnya, saat Anda membeli mata uang kripto dan segera mengirimkan aset kripto ke dompet digital Anda, transaksi ini umumnya tidak tunduk pada undang-undang sekuritas.

Namun, jika Anda memperdagangkan mata uang kripto di CTP dan CTP menyimpan mata uang kripto Anda di dompet digital untuk Anda di platform mereka, ini membuat kontrak berkelanjutan berdasarkan nilai aset kripto yang mendasarinya, dan kontrak ini tunduk pada peraturan sekuritas.

CTP yang menyediakan layanan ini untuk pengguna harus terdaftar di regulator sekuritas yang sesuai. Anda dapat memeriksa apakah CTP terdaftar dengan menggunakan alat Pencarian Registrasi Nasional gratis dari Administrator Sekuritas Kanada.

Mungkin ada beberapa keadaan di mana mata uang kripto dianggap sebagai sekuritas. Ini mungkin perlu ditentukan berdasarkan kasus per kasus dengan memeriksa situasi, skenario, atau karakteristik spesifik dari mata uang kripto. Karena teknologi dan regulasi di bidang ini sedang berkembang, jika Anda tidak yakin apakah undang-undang sekuritas berlaku untuk mata uang kripto yang Anda pertimbangkan, hubungi FCNB.

Ada implikasi pajak penghasilan dalam menggunakan cryptocurrency untuk menghasilkan pendapatan, keuntungan modal atau untuk membayar barang atau jasa. Anda harus berkonsultasi dengan Panduan CRA untuk Pengguna Cryptocurrency dan Profesional Pajak untuk memastikan Anda memahami cara mematuhi pajak Anda.

Token Utilitas

Token utilitas menggunakan buku besar terdistribusi atau platform blockchain untuk memberikan hak akses ke produk atau layanan tertentu (berpotensi yang masih dalam pengembangan), atau untuk digunakan untuk membeli produk atau layanan tertentu. Penyedia produk atau layanan biasanya mengeluarkan token, yang hanya dapat digunakan dalam jaringan penerbit.

Token Keamanan

Token keamanan sering dijual atau dilelang dalam Initial Coin Offering (ICO) atau Initial Token Offering (ITO) yang memungkinkan bisnis mengumpulkan uang untuk mendanai ide atau model bisnis. Bisnis ini menawarkan token keamanan dengan imbalan uang fiat atau aset kripto lainnya.

Token keamanan sering disertai dengan saham dalam proyek dan manfaat tambahan, seperti hak suara, pembagian keuntungan, atau dividen. Namun, sebuah proyek mungkin tidak berhasil, dan investor harus ingat bahwa mereka menggunakan dana mereka untuk mendukung gagasan model bisnis – bukan produk atau layanan yang terealisasi sepenuhnya.

Token yang Tidak Dapat Disepadankan

Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) adalah token yang ada pada buku besar atau blockchain yang didistribusikan, yang mencatat kepemilikan objek berwujud atau tidak berwujud yang unik – seperti lagu, gambar digital, video, pakaian desainer, dll. token ini tidak dapat ditukar satu sama lain; masing-masing adalah unik. NFT relatif baru, bahkan untuk aset crypto, dan skema peraturan serta pasar untuk NFT berkembang pesat.

Membeli, Menjual, dan Memegang Aset Kripto

Penawaran Koin Awal

Token keamanan dapat dijual atau dilelang dalam Initial Coin Offering (ICO) atau Initial Token Offering (ITO). “Acara Penghasil Token” ini digunakan untuk mengumpulkan dana untuk ide atau model bisnis. Pendukung yang tertarik dapat membeli token dengan mata uang reguler atau cryptocurrency lainnya.

Token kemungkinan tidak memiliki nilai pada saat Anda membelinya tetapi dapat ditukar di masa mendatang dengan cryptocurrency baru yang akan diluncurkan oleh proyek, atau diskon atau hak awal untuk produk atau layanan yang diusulkan untuk ditawarkan oleh proyek.

Karena tidak ada jaminan atau kepastian bahwa token akan memiliki nilai masa depan atau proyek akan berhasil, investor harus sangat berhati-hati saat membeli ICO. Tingkat pengungkapan dan informasi yang tersedia biasanya jauh lebih sedikit daripada yang tersedia untuk peluang investasi biasa. Investor harus siap kehilangan sebagian, atau semua, dari investasi awal mereka.

Bergantung pada keadaan ICO, token dapat berupa sekuritas. Jika ya, maka mereka dapat tunduk pada hukum sekuritas. Jika Anda tidak yakin, apakah undang-undang sekuritas berlaku untuk ICO atau token yang Anda pertimbangkan, hubungi FCNB.

ICO berisiko tinggi, dan strukturnya menjadikannya lahan subur untuk penipuan dan penyalahgunaan. Siapa pun yang mempertimbangkan untuk berpartisipasi dalam ICO atau acara penghasil token lainnya harus waspada terhadap janji jaminan pengembalian,

menjiplak atau memalsukan dokumen investasi, kontrak atau konten situs web, dan palsu atau kurangnya informasi tentang kepemimpinan bisnis dan perusahaan. Jika Anda mempertimbangkan untuk berpartisipasi dalam ICO atau tidak yakin tentang validitas ICO yang Anda pertimbangkan, kami mendorong Anda untuk mencari nasihat profesional atau pendapat kedua.

Dompet Digital dan Fisik

Anda dapat membeli mata uang kripto secara langsung, menerima pengiriman aset secara langsung, dan menyimpannya ke dalam dompet digital atau perangkat penyimpanan data fisik Anda. Dompet digital adalah layanan online yang menyimpan mata uang kripto Anda dan memungkinkan

Anda melakukan transaksi, seperti membeli barang atau jasa, atau memperdagangkan atau mentransfer mata uang virtual Anda. Anda memiliki kendali tunggal atas dompet digital Anda, tetapi berisiko kehilangan akses ke aset crypto Anda jika Anda lupa kata sandi, menghapus dompet Anda secara tidak sengaja, atau menjadi korban peretasan.

Perangkat perangkat keras fisik yang dirancang untuk menyimpan aset kripto, sering disebut sebagai “dompet dingin”, seringkali merupakan cara yang aman untuk menyimpan aset kripto karena tidak terhubung ke internet. Siapa pun yang berencana untuk menyimpan cryptocurrency dalam jumlah besar atau nilai atau aset crypto lainnya mungkin ingin mempertimbangkan penyimpanan dompet dingin. Perangkat ini juga mengharuskan Anda untuk mengingat dan menjaga kata sandi Anda dengan cermat.

Platform Perdagangan Aset Kripto

Platform perdagangan aset kripto (CTP) adalah aplikasi atau sistem online yang mempertemukan pembeli dan penjual aset kripto untuk memfasilitasi transaksi atau perdagangan. Beberapa CTP menyediakan platform bagi pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto dan menerima pengiriman segera aset tersebut ke dalam dompet mereka sendiri.

Ini berarti bahwa pengguna melakukan pembelian dan platform memiliki kewajiban untuk mengirimkan aset crypto langsung ke individu, yang menyimpannya di dompet mereka sendiri, di mana mereka memegang kendali penuh.

Beberapa CTP mempertahankan hak asuh aset crypto dalam dompet yang dikendalikan oleh CTP. Ini menciptakan ketergantungan atau ketergantungan pada platform oleh pengguna. Aset crypto pengguna disimpan di platform dan platform mempertahankan kendali atas aset sampai pengguna mentransfernya dari platform, baik ke dompet mereka sendiri atau dengan menerima nilai yang setara dalam mata uang fiat.

Bergantung pada model CTP, undang-undang sekuritas mungkin berlaku, dan CTP mungkin perlu didaftarkan atau diakui oleh regulator sekuritas yang sesuai sebagai pasar atau pertukaran sekuritas atau derivatif. Penting untuk mengetahui apa persyaratannya sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan rumah Anda sebelum mendaftar untuk menggunakan platform perdagangan apa pun. Tinjau bagian Regulasi Aset Kripto untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana regulasi melindungi Anda.

Jika Anda tidak yakin apakah CTP harus didaftarkan, hubungi FCNB. Anda dapat memeriksa pendaftaran dengan menggunakan alat Pencarian Registrasi Nasional gratis dari Administrator Sekuritas Kanada.

Baiklah sobat itulah tadi ulasan artikel tentang Pengertian aset kripto dan juga mata uang kripto semoga apa yang kami sajikan ini dapat menambah wawasan kalian didunia investasi digital dan semoga kalian tidak salah pilih dan menjadi target kripto ilegal yang

tidak jelas securitasnya. Dalam dunia kripto tentu ada resiko yang harus kalian ambil dan nanti akan kita bahas pada artikel selanjutnya yah. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami sampai jumpa pada postingan selanjutnya !