Tokyo Olah Limbah Smartphone Jadi Medali Olimpiade

(Newsroom-id) Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan negara produsen barang elektronik yang besar dan limbah elektronik di negeri matahari terbit itu juga terbilang sangat besar. Panitia Olimpiade telah mengumumkan beberapa waktu yang lalu bahwa medali pada Olimpiade Tokyo 2020 akan menggunakan logam dari limbah-limbah elektronik yang telah didaur ulang

Dalam acara ini membutuhkan 5.000 medali di mana Komite Penyelenggara Tokyo berkeliling Jepang untuk memanen produk elektronik dan logam tanah jarang yang ada di dalamnya. Hingga saat ini, mereka telah berhasil mengumpulkan sekitar 78.000 ton barang elektronik, yang meliputi 6 juta smartphone, 32kg emas, 3.500kg perak, dan sekitar 2.200 kg perunggu. Kami harus mengatakan bahwa medali tersebut terlihat cukup bagus dan Anda tidak akan pernah menyangka bahwa medali tersebut terbuat dari elektronik daur ulang.

Kami (Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo, red) tidak yakin apakah ini adalah tren yang dapat kita saksikan di pertandingan Olimpiade mendatang, tetapi ini adalah ide yang cukup bagus dan cara yang baik untuk menggunakan kembali elektronik lama dan tidak terpakai oleh kita. Diharapkan, semoga kedepannya kita akan melihat lebih banyak acara-acara serupa yang mengadopsi ide ini untuk mengurangi limbah elektronik. (red./)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *